Jenis Dongkrak, Spesifikasi, dan Rekomendasi Merek Pilihan

Jenis, spesifikasi, dan rekomendasi merek dongkrak untuk mobil dan bangunan. Temukan yang sesuai kebutuhan Anda di sini!

Sebagaimana yang kita ketahui, dongkrak merupakan salah satu peralatan wajib yang harus ada dan dimiliki bagi pemilik mobil apalagi pemilik bengkel mobil maupun sepeda motor. 

Bagi pemilik mobil dongkrak membantu dalam proses mengangkat badan mobil, sehingga mempermudah inspeksi di bagian kolong mobil jika terjadi kerusakan, saat ganti ban bocor atau kempes pun jadi lebih mudah dengan adanya dongkrak. 

Dongkrak adalah peralatan wajib yang mesti dimiliki setiap bengkel mobil. Belakangan ini secara pribadi aku baru mengetahui dongkrak juga punya bermanfaat di luar bidang otomotif yaitu untuk mengangkat bangunan. Ternyata ada ya dongkrak yang punya kekuatan mengangkat beban berpuluh-puluh ton. 

merek dongkrak yang bagus

Berdasarkan jenisnya dongkrak punya beragam jenis yang selanjutkan akan dijelaskan dibawah ini.

Jenis dongkrak berdasarkan gaya

1. Dongkrak mekanik

Dongkrak mekanik biasa disebut juga dongkrak ulir. Dongkrak mekanik merupakan dongkrak yang tumpuannya terletak pada roda gigi serta batang. Gaya dongkrak ini berpusat di roda gigi, yang kemudian akan diteruskan dan diperbesar ke bagian batang. 

Cara kerjanya, roda gigi diputar, lalu berikan gaya tekan sampai ke batang. Bagian batang tersebut yang mengubah gaya tekan jadi daya angkat. Kebanyakan dongkrak jenis ini digunakan untuk konstruksi dan desain. Meskipun demikian banyak punya pemilik mobil yang juga menggunakan jenis dongkrak mekanik seperti dongkrak lift dan dongkrak gunting.

2. Dongkrak hidrolik (hydraulic)

Pada dongkrak ini gaya yang diberikan akan diteruskan dengan perantara zat cair (cairan fluida). Cairan fluida sebagai titik tumpu dan berfungsi untuk memberikan daya tekan sehingga menghasilkan gaya angkat. 

Sistem dongkrak hidrolik lebih banyak variasi dan jenisnya mulai dari dongkrak buaya, dongkrak botol, dongkrak transmisi. Dongkrak hidrolik dari segi kepraktisan lebih baik, tak perlu mengeluarkan tenaga yang besar untuk menghasilkan gaya angkat yang besar.

Jenis dongkrak berdasarkan bentuk beserta spesifikasinya

1. Dongkrak botol

Sesuai namanya dongkrak botol merupakan dongkrak hidrolik yang bentuknya memang seperti menyerupai botol. Biasanya saat membeli mobil akan disertai dongkrak ini.

Karena menggunakan sistem kerja hidrolik saat digunakan tidak butuh tenaga yang besar hanya dengan menaik-turunkan tuas seperti gerakan memompa maka beban akan terangkat sedikit demi sedikit. 

Di pasaran dongkrak botol bervariasi dalam hal kapasitas mengangkat beban mulai yang terkecil 2 ton hingga 20 ton bahkan ada yang menyebut bisa mengangkat beban 100 ton. Tentunya harga bervariasi tergantung kemampuan dan ukuran mengangkat beban maksimal yang mampu diangkat oleh dongkrak

2. Dongkrak gunting

Dongkrak gunting punya struktur lengan hampir mirip dengan bentuk gunting, dan  bentuknya yang kecil jadi ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. 

Dongkrak ini termasuk dalam jenis dongkrak mekanik karena menggunakan mekanisme pengungkit berupa sekrup, jadi semakin sekrup di kencangkan (putar searah jarum jam) maka beban di atasnya akan semakin naik sebaliknya semakin sekrup di kendorkan (putar berlawanan arah jarum jam) berfungsi untuk menurunkan benda berat di atasnya.

Jadi butuh tenaga yang sedikit lebih besar untuk menggunakan dongkrak gunting ini dibandingkan menggunakan jenis dongkrak hidrolik. 

Namun tetap banyak peminatnya karena harganya yang sangat terjangkau serta ringkas untuk dibawa bepergian. Namun kekurangannya daya angkatnya tidak bisa melebihi 2 ton, sehingga hanya disarankan untuk digunakan pada mobil-mobil kecil.

3. Dongkrak buaya

Disebut dongkrak buaya disebabkan bentuknya yang memang menyerupai buaya, terutama bagian utamanya mirip kepala buaya. Biasa digunakan oleh para tukang servis di bengkel mobil. Menggunakan sistem kerja hidrolik, mekanismenya pun sama seperti dongkrak botol namun dongkrak ini memiliki roda dan posisinya rebahan. Kelebihan dongkrak ini adalah dapat menjangkau bagian kolong mobil paling dalam, selain itu bisa digunakan di segala medan baik itu miring maupun permukaan yang tidak rata.

4. Dongkrak lift

Dongkrak lift lebih dikenal dengan nama dongkrak kereta. Terlihat dari bentuknya menyerupai rel kereta dan dari cara kerjanya sama seperti lift yang berpindah dari satu titik ke titik lain. 

Karena itu dongkrak ini termasuk dalam jenis dongkrak mekanik terlihat dari cara kerjanya yang butuh usaha yang lumayan keras agar bisa mengangkat beban.

Dongkrak jenis ini biasa digunakan pada mobil-mobil offroad dan bisa juga digunakan untuk mengangkat truk. 

dongkrak lift

Kelebihan dongkrak lift adalah portable bentuknya slim dan bisa digunakan pada kondisi medan yang kurang rata. Pemilik mobil offroad pasti punya rekomendasi dongkrak lift yang bagus. 

5. Dongkrak transmisi

Dongkrak transmisi jarang ditemukan untuk pemakaian pribadi lebih ke penggunaan profesional, karena bentuknya yang sedikit lebih besar. Lebih sering digunakan di bengkel mobil oleh para tenaga profesional. 

Kegunaannya untuk memasang, melepas, mengangkat, dan memindahkan transmisi pada berbagai jenis kendaraan. Terbuat dari baja sehingga cukup kuat untuk mengangkat beban yang lebih berat.

jenis dongkrak transmisi

Salah satu rekomendasi dongkrak transmisi Krisbow Transmission Jack 500kg Stand ERL TH5. Dengan spesifikasi dongkrak yang mampu mengangkat beban hingga 500kg. Memiliki empat roda yang stabil dan memudahkan untuk stabilitas saat memperbaiki mesin, menurunkan dan memasang transmisi maupun differential.

6. Dongkrak pengangkat ban

Dongkrak jenis ini lebih dikenal dengan dongkrak wheel dolly slider. Diperuntukan untuk memindahkan ban mobil yang bermasalah agar mudah di evakuasi. Terdapat kunci pengaman dan bisa mengangkat beban hingga 680 kg. 

Di Indonesia sendiri dongkrak jenis ini jarang terlihat penggunanya, namun di luar negeri sering terlihat terutama digunakan oleh petugas keamanan maupun bengkel profesional di sana.

spesifikasi dongkrak pengangkat ban

Krisbow Wheel Dolly 9 inci ERLJWS9 menjadi salah satu yang jadi produk rekomendasi kami untuk mempermudah proses pemindahan mobil untuk tujuan penggantian maupun perbaikan. Dapat di lebarkan hingga 21 / 533 inch/mm.

7. Dongkrak listrik

Dongkrak listrik punya berbagai varian, ada yang menggunakan mekanisme hidrolik ada pula yang menggunakan sistem kerja mekanik seperti layaknya dongkrak ulir. Hanya saja sumber tenaganya menggunakan listrik 12v sehingga pengguna tidak perlu usaha yang keras untuk memutar maupun “memompa” dongkrak. 

Berbeda dengan dongkrak pneumatic yang mengandalkan angin kompresor sebagai sumber tenaga untuk memompa tuas dongkrak biasanya dongkrak pneumatic di kombinasikan dengan sistem hidrolik.

Rekomendasi Merek dongkrak yang bagus

Tentunya bicara soal merek tergantung preferensi dan kebutuhan masing-masing, namun merek dongkrak yang bagus di sini dikutip dari beberapa sumber yang tentunya tergantung pada spesifikasi dongkrak. 

Selain itu sebelum membeli dongkrak pastikan sesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk penggunaan pribadi atau penggunaan profesional. 

Untuk kebutuhan pribadi pastinya yang bisa direkomendasikan adalah yang punya kualitas bagus, harga terjangkau serta bentuknya ringkas. Namun untuk penggunaan professional pastinya wajib pilih produk yang berkualitas tinggi yang punya ketahanan yang awet dalam jangka panjang, soal ukuran mungkin bisa dikesampingkan.

Semoga artikel yang berjudul Jenis dongkrak, spesifikasi dan rekomendasi merek pilihan kali ini bermanfaat buat Anda yang sedang mencari dongkrak yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Close