Bebas dari Rasa Khawatir Saat Beli Nissan Livina Bekas. Begini Caranya

Beli Nissan Grand Livina bekas? Simak tips berikut agar terhindar dari masalah dan pastikan mobil tetap berkualitas

Salah satu mobil bekas primadona saingan toyota avanza adalah Nissan Grand Livina. Mobil Nissan Livina secara desain dan fitur tak kalah dari mobil-mobil di jaman sekarang. Grand Livina generasi pertama diluncurkan pada tahun 2007. Jadi umur livina generasi tertua di tahun 2024 ini sudah berusia 17 tahun. 

Pastinya generasi pertama meskipun desainnya masih bersaing dengan mobil jaman now, namun soal mesin bisa jadi deal breaker soalnya butuh perawatan yang lebih. Jika tak mau terlihat terlalu tua maka pilihan tepat adalah memilih grand livina keluaran tahun 2013 atau berkode L11 dengan tampilan yang masih segar mesin juga masih terbilang muda.

Buat kamu yang saat ini sedang mengincar Nissan Livina bekas pastikan untuk memperhatikan beberapa hal. Jangan hanya melihat tampilan luar bodi mobil yang kinclong, tapi aspek lain pun seperti mesin, kaki-kaki dan lainnya juga mesti diperhatikan. Kurang lebih sama saat membeli mobil bekas pada umumnya hal yang perlu dicek adalah indikasi bekas tabrakan, bekas terendam banjir. Agar kamu terbebas dari rasa khawatir saat beli nissan grand livina bekas. Begini Caranya

jual mobil nissan livina bekas

1. Ketahui Spesifikasinya

Tentunya yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengetahui spesifikasi kendaraan yang bakal kamu beli. Misal kamu melihat iklan jual mobil nissan livina bekas 2008 dengan harga sekian juta. Bisa dibilang bodi mobil livina 2008 tidak ada bedanya dengan keluaran 2007 yang membedakan hanya dari usia mesin yang lebih muda setahun.

Beda halnya jika kamu membeli livina 2012 dimana telah mengalami facelift pertamanya di tahun 2011 lumayan banyak perubahan terutama pada desain grill, velg, side moulding lebih tipis dan perubahan pada interior diaplikasikan warna hitam di dashboard, jok, dan panel pintu.

Apalagi pada tahun 2013 Nissan grand livina mendapatkan major facelift yang ditandai dengan perubahan kode body dari L10 menjadi L11.Perubahannya terletak pada lampu depan-belakang, desain gril, serta bentuk bumper yang baru.

Di tahun 2013 pun terdapat perubahan pada jenis mesinnya 1.500 cc yakni menggunakan mesin dual injector dan twin VTC (variable timing control) dengan kode mesin HR15DE 1.498 cc. Dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission)

Sementara Grand Livina versi 1.800 cc masih menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya yakni tipe MR18DE dikombinasikan dengan transmisi otomatis konvensional. Untuk versi ini kurang peminatnya sehingga di tahun 2014 model 1.800 cc dihentikan peredarannya. Dan grand livina L11 juga dihentikan produksinya hingga tahun 2019 sebab diganti dengan All new livina yang menawarkan fitur dan desain mirip Xpander.

Selain itu perhatikan pula interiornya, sebab mobil MPV grand livina kebanyakan 7-seater, namun ada livina tahun 2008 tanpa embel-embel yang hanya memiliki 5-seater.

2. Deteksi Bekas Tabrakan

Cara yang kedua agar bebas rasa khawatir saat beli nissan livina adalah dengan mengecek body dan sasis apakah ada bekas tabrakan atau tidak. Biasanya mobil yang bekas tabrakan, sasis rentan dan biasanya ketika diluruskan bakal melenceng dari garis ubin. Ditambah jenis sasis yang digunakan pada livina adalah sasis monokok.

Sebaiknya untuk hindari membeli mobil bekas tabrakan, karena kebanyakan beberapa kasus ada masalah yang sangat mustahil untuk diperbaiki, sebut saja rangka bengkok yang membuat kenyamanan berkendara jadi berkurang.

3. Waspada Mobil Bekas Banjir

Langkah pertama untuk mendeteksi mobil yang pernah terendam banjir, bisa mengecek bagian interior terdapat bau lumpur. Jika tidak ditemukan, cek juga bagian bawah jok yang tertutup kover lihat pada material besi di dalamnya apakah terlihat unsur kecoklatan dan colek apakah ada sisa lumpur, bahkan besinya sudah karatan bisa jadi pernah terendam banjir.

Sebersih apapun tukang cuci mobil bahkan tukang salon mobil membersihkan interior, bagian tertutup pasti tidak semudah itu membersihkan bekas terendam banjir.

hindari mobil terendam banjir


4. Cek Kelayakan Mesin dan kelistrikan

Hal paling vital untuk di cek selanjutnya adalah deteksi mesin dan kelistrikan. Untuk pemula bisa dimulai dari melihat indikator pada instrument cluster mobil apakah ada masalah biasanya ditandai pada indikator engine check. Cek pula odometer mobil untuk melihat seberapa jauh mobil sudah dipakai berjalan, hitungan normalnya dalam satu tahun normal pemakaian mobil adalah sebesar 20.000km. Seandainya kamu tertarik dengan grand livina 2013 dengan kilometer mencapai 150.000km lebih di tahun 2024 maka pemakaian mesin tidak terlalu berat dan mungkin jarang dipakai juga.

Tapi jangan lupa seiring usia mobil, semakin berkurang pula usia pakai part-part mobil, jika ragu dengan tampilan odometer kamu bisa memeriksa buku service record dan melihat riwayat perawatan mobil sebelumnya.

Kamu juga bisa mendeteksi mesin yang bermasalah dengan mendengar apakah ada bunyi aneh yang berbarengan dengan suara mesin. Jika ada bunyi yang tak seharusnya mungkin terdapat kerusakan pada bearing alternator termasuk kerusakan eksternal. Lebih parah jika terindikasi kerusakan internal yang berujung pada pembongkaran mesin untuk memastikan kerusakannya.

Kelistrikan mobil livina cenderung rumit, sehingga saat pemilik mobil ingin menambah aksesoris baru biasanya sistem kelistrikan bakal selalu bermasalah. Namun jika dikembalikan default seperti pada sistem kelistrikan awal maka tidak terdapat masalah.

5. Periksa Pengereman

Pengecekan pada sistem pengereman juga tidak kalah penting jika ingin membeli mobil bekas. Bisa dilakukan dengan cara test drive, biasanya indikasinya juga terlihat dari bunyi-bunyi saat pengereman, bisa jadi kanvas rem habis atau bisa juga memang ada kerusakan.

Jika hanya kanvas habis pergantiannya mudah dan tidak begitu mahal. Namun apabila ada kerusakan pada sistem pengereman, maka harus diatasi dan ditangani oleh mekanik handal kepercayaan kamu.

6. Cek Kelayakan Kaki-kaki

Pengecekan kaki-kaki juga tak kalah penting, sama seperti pengecekan pengereman, lakukan test drive atau lakukan perjalanan langsung pada area jalan berluban dan perhatikan saat melewati polisi tidur, jika terdengar bunyi-bunyi aneh bisa lakukan pemeriksaan kembali bisa jadi kerusakan bukan pada kaki-kaki. Jika bantingan suspensi terasa keras bisa jadi terdapat masalah pada kaki-kaki, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tentunya semua orang tergiur melihat postingan iklan jual mobil nissan livina bekas yang dibanderol harga murah. Harga murah bisa jadi banyak masalah pada mobil, sehingga saat kamu nekat beli nantinya biaya perawatan mobil malahan membengkak.

Jika kamu pemula seperti aku, yang masih ragu dengan kualitas mobil bekas di luar sana, jangan khawatir, sebab sudah ada Caroline.id yang merupakan platform jual beli mobil yang memberikan garansi 7G+ (Garansi meliputi, garansi mesin, garansi transmisi, garansi AC, garansi rem, garansi electrical (kelistrikan), garansi penggerak, garansi kemudi serta garansi buyback dan oli & filter oli). Layanannya lengkap meliputi jual-beli mobil, preorder dan tukar tambah.

promo cuci gudang carolina.id

Selain itu terdapat promo menarik setiap saat di Caroline.id, sebagai contoh saat ini terdapat promo cuci gudang harga mobil yang tertera sungguh memikat. Jika kamu berminat akses ke lokasi offline juga mudah karena tersedia di beberapa kota di Indonesia. Fitur garansi 7G+ adalah program layanan yang paling aku suka oleh karena itu aku merekomendasikan untuk membeli mobil hanya di caroline.id, karena sebagai calon pembeli kita bebas dari rasa khawatir saat membeli mobil grand livina bekas.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mengincar mobil livina bekas. Dan semoga impian kita punya mobil tercapai.


Close