Reshuffle Kabinet : Presiden Umumkan Enam Menteri Baru

Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju, mengenalkan 6 orang nama selaku menteri- menteri baru

Perombakan kabinet merupakan sesuatu kejadian di mana kepala pemerintahan memutar ataupun mengubah komposisi menteri dalam kabinetnya. Umumnya perombakan kabinet dilakukan dengan memindahkan seseorang menteri dari satu posisi ke posisi yang lain

Daftar Enam Menteri Baru Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

reshuffle-kabinet-2020


Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/ 12/ 2020). Dalam pengumuman tersebut, Jokowi mengenalkan 6 orang nama selaku menteri- menteri baru di Kabinet Indonesia Maju.” Sore ini saya dan Bapak Wapres mau mengumumkan anggota baru Kabinet Indonesia Maju,” tutur Jokowi dipantau dari siaran langsung Kompas Televisi, Selasa. Secara berturut- turut, Jokowi lalu mengenalkan keenamnya.

1. Menteri Sosial

Pertama, Jokowi memanggil Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu diberi mandat selaku Menteri Sosial mengambil alih Juliari Batubara yang saat kini jadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

menteri baru sosial

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kedua, Jokowi mengenalkan Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga mengambil alih posisi Wishnutama Kusubandio.

menteri baru parekraf

3. Menteri Kesehatan

Ketiga, Jokowi mengenalkan Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan. Budi mengambil alih posisi Terawan Agus Putranto.

menteri baru kesehatan

4. Menteri Agama

Keempat, Jokowi mengenalkan Yaqut Cholil Quomas alias lebih dikenal sebagai Gus Yaqut selaku Menteri Agama. Yaqut mengambil alih posisi Fachrul Razi.

menteri baru agama

5. Menteri Kelautan dan Perikanan (KP)

Kelima, Jokowi mengenalkan Wahyu Sakti Trenggono untuk mengambil alih posisi Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

menteri baru kp

6. Menteri Perdagangan

Keenam alias terakhir, Jokowi mengenalkan M Lutfi selaku Menteri Perdagangan. M Lutfi mengambil alih posisi Agus Suparmanto.

menteri baru perdagangan

Usai mengenalkan keenam menteri barunya, Jokowi juga menginformasikan agenda pelantikan mereka yang diselenggarakan pada Rabu( 23/ 12/ 2020).” Saya rasa itu perkenalan yang dapat saya sampaikan sore ini dan pelantikan hendak dilaksanakan insya Allah esok pagi,” tambah Jokowi.

Close