Manfaat Jadi Blogger dan Skill yang Harus dimilikinya

Artikel kali ini membahas tentang manfaat menjadi blogger serta skill yang mesti dimiliki

Profesi seorang blogger saat ini mungkin tidak sepopuler influencer lain seperti youtuber, selebgram maupun tiktoker. Sebab pada masa ini banyak anak muda yang literasinya rendah. Berdasarkan hasil survei oleh Program for International Student Assesment (PISA) bahwa tingkat literasi di indonesia sangatlah rendah. Dari total 70 negara peserta Indonesia menempati posisi ke 62. 

Hal ini pun terbukti dari mudahnya masyarakat kita terpancing berita hoax, bahkan hanya dari membaca judulnya saja tanpa membaca isi keseluruhan berita serta tidak mencari tahu lebih dalam. Meski tak sepopuler influencer lain, tapi saat ini profesi blogger masih banyak diminati termasuk penulis sendiri. 

skill yang harus dimiliki blogger

Meski saat ini tidak lagi fulltime, tapi kerinduan untuk menulis selalu ada. Gairah saat membagikan hasil tulisan diblog itu menjadi kebahagiaan tersendiri. 

Manfaat jadi blogger atau penulis blog

Beberapa poin di bawah ini merupakan manfaat jadi blogger yang telah aku rasakan saat ini diantaranya sebagai berikut :

Melatih kemampuan menulis

Jujur pada awalnya aku bukanlah orang yang suka menulis, namun setelah beberapa tahun jadi blogger mulai nyaman dengan aktivitas menulis meski sedikit melelahkan raga dan pikiran. Tapi secara tidak langsung dari waktu ke waktu kemampuan menulisku terasa lebih meningkat dari sebelumnya.

Jadi Banyak Membaca

Tak dapat dipungkiri, dengan banyak membaca ide tulisan menjadi lebih banyak bermunculan. Biasanya untuk membuat konten blog. Blogger akan riset dengan banyak membaca artikel lain untuk diolah menjadi artikel yang lebih menarik

Relasi Online yang lebih luas

Punya teman yang punya minat dan passion yang sama itu sangatlah menyenangkan. Oleh karena itu untuk menambah pengetahuan serta teman kita bisa gabung ke komunitas blogger. Gabung di komunitas khususnya yang punya minat yang sama yaitu ngeblog tentu membuat kita jadi semangat dan bisa bertanya saat mendapatkan kendala di blog.

Dapat Cuan

Setelah gabung di beberapa komunitas blogger, ternyata bisa menjadi salah satu jalan mendapatkan penghasilan dari internet. Sebab tanpa iklan ataupun adsense ternyata blogger tetap bisa mendapatkan penghasilan melalui content placement atau review produk.

Skill yang harus dimiliki blogger

Mungkin sebagian besar orang berpendapat bahwa skill yang harus dimiliki oleh blogger adalah kemampuan menulis. Memang benar, sebab menulis adalah skill utama seorang blogger dan produk yang dihasilkannya adalah artikel blog. 

Agar menghasilkan artikel yang berkualitas tentu kemampuan menulis saja tidaklah menarik. Sebab jika artikel blog hanya berisi tulisan saja tentu sangat membosankan tidak menarik untuk baca oleh para pengunjung blog. Oleh karena itulah beberapa skill lain yang akan kita bahas berikut ini mesti dimiliki oleh setiap blogger. 

Skill tersebut setidaknya blogger bisa menguasai dasarnya saja bila sampai ahli tentu lebih bagus malah bisa jadi bahan tulisan untuk dibagikan pembaca setia blog kamu. 

Dengan menguasai skill dasarnya saja sudah sangat membantu untuk menghasilkan konten artikel di blog yang lebih menarik untuk dinikmati oleh pembaca dan pengunjung blog. Sebab salah satu kriteria blog yang baik itu mampu menyajikan sebuah konten atau tulisan yang bermanfaat, mudah dipahami, dan dapat memenuhi ekspektasi pembaca blog. 

Jika ingin menjadi seorang blogger profesional, kamu sebagai pemilik atau pengelola blog perlu menguasai skill – skill berikut ini: 

Skill lain yang harus dimiliki blogger selain menulis 

1. Keterampilan Mengolah Gambar 

Gambar maupun video merupakan pelengkap artikel di blog, selain itu gambar juga bisa menjadi sumber trafik yang menjanjikan. Apalagi jika gambar yang kamu selipkan pada artikel blog sangatlah menarik perhatian serta bikin penasaran. 

Mungkin banyak yang berpikir, lebih mudah comot/unduh gambar di google trus caplok/selipkan deh ke artikel blog kan selesai. Eits, tunggu dulu ferguso, jika kamu melakukan hal ini sama saja dengan mencuri konten gambar dari situs orang lain. Hal ini sangat tidak dibenarkan dalam dunia blogging sebab terkesan tidak profesional. 

Maka dari itu dengan mengolah grafis atau menghasilkan gambar untuk blog sendiri lebih disarankan dan terlihat profesional serta orisinalitas blog yang dimiliki pun lebih terjaga. 

2. Fotografi

Selain mengolah gambar, seorang blogger juga harus tahu teknik fotografi yang baik. Sebab tak jarang blogger profesional sewaktu-waktu bakal diminta membuat konten review produk baik berupa barang, aplikasi ataupun jasa. 

Tidak harus punya kamera mahal atau profesional seperti DSLR dan mirrorless. Cukup dengan menggunakan smartphone kamu bisa menghasilkan foto yang menarik meski hanya menggunakan handphone. 

3. Memahami Dasar Bahasa Pemrograman Web

Dulu sebelum terjun ke dunia blog, aku sempat berfikir. Blogger itu keren sebab jago coding. Setelah terjun ternyata emang keren hahaha. Kebanyakan orang awam pasti berpikir demikian. Padahal tidak semua blogger jago coding loh, lebih banyak yang paham dasar-dasarnya saja seperti penulis ini. 

Terus terang aku sedikit-sedikit paham dasar bahasa pemograman seperti html, css, javascript. Tapi tidak sedalam itu pemahamanku, jika di suruh coding dari awal hingga jadi sebuah website tentu tidak bisa. Setidaknya untuk utak-atik template blog hingga tampilan lebih menarik, tetap ringan proses loading-nya tentu seorang blogger harus bisa. 

Terutama untuk blogger yang menggunakan cms blogspot, jika blogger yang menggunakan cms lain seperti wordpress tentu sangat jarang sekali menggunakan bahasa coding. 

4. Memahami SEO

Sudah tahu SEO? SEO (Search Engine Optimization) merupakan langkah yang dilakukan seorang pemilik situs untuk mengoptimasi sebuah website agar mendapat posisi yang bagus di mesin pencarian.

SEO buat seorang blogger itu sangatlah penting jika memang ingin ingin memperoleh jumlah kunjungan yang banyak serta bisa berkompetisi dengan para blogger kompetitor. Dengan menguasai SEO konten blog yang kamu hasilkan dengan target kata kunci tertentu di mesin pencarian akan berpotensi muncul di halaman pertama mesin pencari atau search engine. 

Di dalam SEO, ada dua aspek utama yang harus kamu pahami yaitu SEO on page dan SEO off page. Dengan mempelajari kedua aspek tersebut nantika konten artikel blog kamu bisa menduduki peringkat teratas dalam halaman pencarian. 

SEO on page merupakan kegiatan mengoptimasi halaman dalam sebuah blog ataupun website. Contoh upaya SEO on page yakni mengetahui riset keyword, penggunaan kata kunci (keyword), penempatan keyword, pembuatan judul yang menarik tidak lebih dari 60 karakter, minimal dan maksimal jumlah kata dalam tulisan, penulisan artikel yang SEO friendly, custom URL, alt tect image pada gambar, struktur heading, meta deskripsi, internal link & external link, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, SEO off page merupakan upaya optimasi yang menyasar pada aspek pencarian web yang berada di luar situs milik pribadi. Contoh upaya SEO off page adalah membangun backlink atau tautan website yang berkualitas menuju situs blog pribadi yang disematkan dalam konten di website lain. 

Masih banyak aspek SEO yang perlu kamu ketahui serta pahami, oleh sebab itu sangat disarankan untuk menggali lebih dalam tentang SEO bisa dari membaca lebih banyak tentang artikel SEO, atau bisa dengan mengikuti webinar maupun sumber belajar lainnya. Semangat 

Skill Blogger Manakah yang Sudah Kamu Kuasai?

Meski hanya menguasai dasarnya saja kamu bisa dibilang keren dan bisa dibilang blogger profesional. Menjadi blogger itu lebih dari sekadar seorang penulis. Blogger itu haus akan ilmu dan informasi baru serta tak ragu untuk membagikannya agar bermanfaat untuk pembaca.



Close